Diskusi Data Center Di SMK Negeri 1 Cimahi

Diskusi Data Center Di SMK Negeri 1 Cimahi

[:en]Salah satu komponen utama dari berkembangnya aplikasi dan layanan berbasis internet saat ini adalah ketersediaan dan pengelolaan pusat data/ data center yang baik. Kebutuhan untuk perancangan, installasi, dan pengelolaan data center industri/perusahaan penyedia layanan/pemerintahan dalam rentang satu dekade ini sangat besar sehingga membuka peluang pekerjaan bagi lulusan berbasis teknologi informasi, komputer, dan jaringan.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cimahi adalah salah satu sekolah vokasi negeri yang memiliki dua jurasan/program keahlian berbasis teknologi informasi dan komputer yaitu jurusan Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi (SIJA) serta jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kedua jurusan ini memiliki dasar ilmu untuk belajar tentang data center.

Dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), tim dosen Fakultas Informatika, Universitas Telkom (TelU) yang berada dalam rumpun kelompok keahlian Telematika bekerja sama dengan SMKN 1 Cimahi melaksanakan pengenalan Data Center dengan materi “Data Center Design”. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2019 di Aula Serbaguna SMKN 1 Cimahi. Acara dibuka oleh ketua tim PKM TelU Ibu Siti Amatullah, MT. Dalam sambutannya, Ibu Siti menyampaikan harapannya agar dengan pelaksanaan PKM tentang data center memberikan tambahan pengetahuan terhadap kebutuhan dan perkembangan teknologi informasi saat ini yang begitu cepat dan pesat. Bapak Drs. Daud Saleh, MM selaku kepala SMKN 1 Cimahi menyambut baik kegiatan workshop ini dan berharap kerjasama yang sudah terjalin baik antara SMKN 1 Cimahi dan TelU akan terus ditingkatkan sehingga kedepannya dapat memberikan manfaat yang lebih besar baik kepada kedua institusi maupun terhadap masyarakat.

Materi Design Data Center diikuti oleh sekitar 80 siswa dari jurusan SIJA dan RPLK serta 10 guru dari kedua jurusan tersebut. Sedangkan materi disampaikan oleh Bapak Muhammad Arief Nugroho, MT, HCIA, HCIP, CDCP yang merupakan salah satu dosen di prodi S1 Informatika serta praktisi dalam bidang Data Center. Dalam penyampaiannya Bapak Arief menyampaikan dalam 5 sesi. Sesi yang pertama mengenai pentingnya data center dalam sebuah organisasi. Bagaimana pengaruh ketika data center tidak dapat beroperasi terhadap pendapatan dan operasional perusahaan, bagaimana kompleksitas yang harus dihadapi ketika membangun dan mengelola data center serta faktor-faktor risiko yang terjadi terhadap data center.

Sesi kedua membahas mengenai Data Center Design yang meliputi standar-standar yang digunakan sebagai acuan pembangunan data center dan contoh-contoh implementasinya. Pembahasan mengenai penentuan layout data center dibahas pada sesi yang ketiga. Bagaimana mendefeinisikan kebutuhan ruangan yang harus disediakan dalam pembuatan data center serta detail-detailnya. Penjelasan mengenai jenis-jenis rack, detail masing-masing rack, mekanisme pendinginan rack, bahkan detail warna rack dijelaskan pada sesi ke 5 yaitu mengenai rack infrastruktur. Sesi terakhir membahas mengenai perlindungan terhadap api dalam data center. Komponen atau kondisi apa saja yang memungkinkan sebagai sumber kebakaran, kebutuhan apa saja yang harus dimiliki oleh data center untuk perlindungan terhadap kebakaran, perangkat-perangkat pemadam kebakaran yang wajib tersedia di dalam data center serta cara penanggulangannya.

Dalam pelaksanaanya para siswa dan guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, terlihat dari kegiatan aktif siswa dan guru dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh Pak Arief maupun menanyakan tentang materi yang diberikan. Kegiatan PKM diakhir dengan pemberian sertifikat oleh SMKN 1 Cimahi kepada Pak Arief Nugroho, dan pemberian sertifikat oleh PKM kepada para guru peserta kegiatan workshop.

[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *