Dashboard Terintegrasi untuk IP Kamera di KPRI Sauyunan

Dashboard Terintegrasi untuk IP Kamera di KPRI Sauyunan

Koperasi erat hubungannya dengan masyarakat. Koperasi memiliki peranan erat terhadap pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan anggota koperasi. Dalam memperkokoh perekonomian nasional, koperasi melakukan seperangkat kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah simpan pinjam. Perputaran uang dan asset pada setiap anggota menjadi kegiatan yang umum pada koperasi jenis ini. Namun, sering kali aset-aset yang dimiliki pada koperasi tidak memiliki derajad keamanan yang baik. Permasalahan tersebut ditemukan pad koperasi pegawai republik Indonesia (KPRI) Sauyunan. Untuk melakukan penjagaan aset tersebut, KPRI Sauyunan telah memasang IP kamera. IP kamera yang sudah dipasang memungkinkan perekaman aktivitas yang berlangsung pada koperasi. Namun, akses terhadap IP kamera masih tidak efisien. Akses terhadap konfigurasi kamera, modifikasi model perekaman, dan peninjauan hasil rekam pada masing-masing IP kamera dilakukan secara independent. Hal ini menyebabkan proses administrasi menjadi tidak efisien. Selain itu, proses streaming pada setiap IP kamera menjadi tidak efisien karena memerlukan banyak antar muka. Sehingga diperlukan antarmuka yang dapat mengintegrasikan IP kamera dalam satu tempat untuk melakukan konfigurasi, evaluasi, dan melakukan perekaman seluruh kegiatan yang berlangsung pada koperasi.

Pemasangan perangkat IP kamera yang sudah dilaksanakan pada 3 (tiga) lokasi seperti pada Gambar 1. Lokasi pertama merupakan halaman luar koperasi. Pada halaman koperasi menjadi tempat parkir kendaraan sehingga rawan terjadi pencurian. Lokasi kedua adalah halaman parkir dalam. Lokasi ketiga adalah ruang utama koperasi. Pada ruang utama inilah terjadi transaksi dan penyimpanan aset. Pemasangan IP kamera diberikan pada 6 (enam) pintu. Pintu pertama adalah pintu ruang tamu yang berada disebelah selatan sejumlah 2 (dua). Pintu ruang tamu ini langsung berhadapan dengan halaman luar sehingga rawan. Pintu kedua adalah pintu kemuju ruang utama koperasi disebelah timur sejumlah 2 (dua). Pintu kegita adalah pintu ruang diskusi yang berada disebelah utama sejumlah 2 (dua).

Berdasarkan permasalahan yang sudah diidentifikasi, penulis mengusulkan solusi teknik yang cocok untuk mengintegrasikan seluruh IP kamera yang telah terpasang adalah dengan membuatkan dashboard terpadu IP kamera. Dashbaoard terpadu IP kamera merupakan antarmuka yang dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan yang berkenaan dengan konfigurasi, modifikasi, dan evaluasi IP kamera yang sudah terpasang. Dashboard terpadu IP kamera umumnya didedikasikan juga sebagai tempat untuk memantau lokasi secara terus menerus. Sehingga dengan menggunakan dashboard terpadu IP kamera, kegiatan konfigurasi, modifikasi, dan evaluasi dalam dilakukan secara bersamaan. Selain itu, hasil perekaman kegiatan yang sudah disimpan kedalam media penyimpanan berupa hardisk untuk semua IP kamera dapat dilihat dalam satu tempat. Hal tersebut tentu sangat memudahkan dalam proses pemantauan. Kegiatan-kegiatan fisik yang perlu dilakukan mampu dikerjakan oleh pihak koperasi, yaitu: a) membuka dashboard terpadu IP kamera, b) melakukan proses konfigurasi, modifikasi, atau evaluasi terhadap IP kamera, c) melihat rekaman langsung dari IP kamera secara terpadu.

Pengembangan sistem administrasi dan keamanan pada koperasi sangat penting. Koperasi menunjang perekonomian nasinal dengan memperkuat kesejahteraan anggotanya melalui kegiatan perkoperasian. Pada pengabdian masyarakat yang dilakukan ini diusulkan untuk mengamankan aset dan seluruh kegiatan yang ada pada koperasi. Hal tersebut merupakan keperluan dasar yang harus dimiliki oleh koperasi. Keamanan berbasis IP kamera ini juga masih memiliki hal yang dapat dilanjutkan. Kemudian keberlanjutan yang dapat dilakukan selanjutnya adalah mendigitalisasi proses bisnis yang ada di koperasi Sauyunan. Hal ini penting untuk melakukan perekaman secara digital untuk mengurangi adanya kehilangan buku administrasi.

Dari hasil umpan balik yang diberikan oleh KPRI Sauyunan menyatakan bahwa teknologi yang ditawarkan terhadap solusi dashboard terintegrasi untuk IP kamera adalah tepat sasaran. Hasil umpan balik ini menjadi acuan bahwa teknologi yang ditawarkan dapat digunakan secara praktis pada lingkungan KPRI Sauyunan.

Kegiatan ini sesuai dengan roadmap yang ditawarkan. Roadmap pada tahun 2022, yaitu menciptakan dashboard terintegrasi untuk IP kamera.

Untuk kegiatan lanjut adalah menerapkan deteksi physical distancing pada KPRI Sauyunan. Opsi kedua adalah melakukan maintenance lanjut