Sosialisasi Cyber Security Untuk Mencegah Penipuan Berbasis Online Kepada Masyarakat Kel. Hegarmanah Kec. Cidadap, Bandung

Sosialisasi Cyber Security Untuk Mencegah Penipuan Berbasis Online Kepada Masyarakat Kel. Hegarmanah Kec. Cidadap, Bandung

Penipuan berbasis online merupakan ancaman serius bagi keamanan dan privasi pengguna internet. Masyarakat yang kurang berpengalaman di bidang teknologi cenderung menjadi sasaran penipuan. Sosialisasi tentang keamanan siber sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penipuan berbasis online dan cara mencegahnya. Pengabdian yang dilakukan oleh Alfian Fadhlurrohman Zufar Ro’if – 1301204413, Mochammad Athian Gifari – 1301204367, Dilia Fadilah Mutmainah – 1301204383, Muhammad Mufid Utomo – 1301204441, Dwi Hariyansyah Riaji – 1301204476 dengan di bimbing oleh Rizka Reza Pahlevi, S.Kom., M.Kom telah melaksanakan kegiatan dalam bentuk sosialisasi yang diharapkan bisa menambah pengetahuan masyarakat mengenai bahaya cyber security. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 5 april 2022 di Balai RW 09 Kel. Hegarmanah Kec. Cidadap, Bandung.

Masyarakat sasar merupakan masyarakat umum sekitar RW 09 Kel. Hegarmanah Kec. Cidadap, Bandung. Masyarakat sasar merupakan pengguna layanan siber atau internet dalam keseharian mereka. Sayangnya, dari survei yang kami peroleh, masyarakat tidak tahu cara memeriksa dan melakukan pencegahan terhadap data pribadi mereka di internet. Hal ini didukung dengan pernyataan dari narasumber survei bahwa mereka setidaknya pernah sebanyak satu kali mendapatkan pesan berupa pesan mencurigakan dari pihak yang tidak dikenal. Parahnya, ada dari beberapa narasumber survei menjadi korban kejahatan siber. Hal ini menjadikan celah besar bagi pelaku criminal siber dalam melancarkan serangan yang berkaitan dengan kejahatan siber. 

Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, solusi yang dilakukan oleh tim kami adalah dengan melakukan sosialisasi secara tatap muka langsung dengan masyarakat yang telah menjadi mitra kami. Kami melakukan sosialisasi dengan metode dimana kami mempresentasikan materi tentang cyber security lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar kami dan masyarakat yang sudah menjadi mitra kami.

Metode  yang  akan  digunakan  pada  kegiatan  ini  adalah  metode  pengabdian, selama  waktu pelaksanaan,  akan  diberikan  beberapa  materi  yang  berkaitan  tentang cyber security. Berikut merupakan materi-materi  yang akan disampaikan: 

  1. Pengertian Cyber Security
  2. Jenis-jenis penipuan di sosial media
  3. Format file yang dikirim bukan gambar (contoh: .apk)
  4. Pura-pura menjadi orang yang dikenal
  5. Penipuan dengan modus mendapatkan hadiah melalui akun tidak resmi
  6. Langkah-langkah pencegahan penipuan di sosial media
  7. Cek apakah pesan dikirim oleh nomor resmi atau bukan
  8. Beri pertanyaan yang hanya diketahui oleh anda kepada pelaku
  9. Blokir nomor pelaku penipuan
  10. Langkah-langkah pencegahan penipuan di telepon
  11. Cek nomor telepon di aplikasi GetContact
  12. Cek pesan dikirim oleh nomer resmi atau penipu

Setelah  disampaikan  semua  materi,  para masyarakat terutama ibu-ibu diharapkan dapat mengerti untuk menjaga diri dari modus berupa link phisingfile yang berbentuk APK, pesan dari orang yang tidak dikenal, dan lain-lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *